Jumat, 09 Juli 2021

5 Tips Menjaga Data Perusahaan Supaya Aman

Hypernet


            Sebagai pelaku bisnis menjaga data perusahaan dengan aman tentunya menjadi salah satu hal terpenting saat mengelola perusahaan. Data-data penting ini bisa berupa informasi karyawan, informasi data klien, strategi bisnis dan sebagainya. Jangan disepelekan, Anda harus memperhatikan keamanan jaringan perusahaan Anda, karena bisa saja terjadi beberapa insiden pelanggaran data yang saat ini perlu diantisipasi. Untuk mengantisipasi kebocoran data perusahaan, Anda bisa memilih Hypernet yang dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk keamanan data dan infrastruktur IT, seperti layanan keamanan End Point dan layanan VPN perusahaan. Selain itu, Anda bisa menerapkan beberapa poin berikut untuk menjaga keamanan data:

 

  1. Mengatur password seunik mungkin. Orang-orang cenderung mengatur password yang mudah ditebak dan sederhana agar mudah mengingatnya. Namun, hal tersebut adalah hal kecil yang dapat berdampak besar. Para hacker dapat dengan mudah mengetahuinya dan membobol password yang sederhana. Oleh karena itu, tips password yang baik adalah 8 – 12 karakter dengan campuran karakter seperti ada huruf kapital (ABCDE), angka (12345), lalu karakter unik seperti simbol atau tanda baca (!@#$%).

 

  1. Edukasi karyawan mengenai pentingnya keamanan data. Tidak sedikit juga kasus kebocoran data karena karyawan internalnya sendiri yang ceroboh. Karyawan sekarang ini bisa mengakses data pekerjaan dari mana saja, tetapi kurangnya enkripsi pada perangkat yang digunakan karyawan atau sistem operasi yang lemah dapat menyebabkan kebocoran data. Malware juga dapat menemukan jalan ke jaringan perusahaan melalui perangkat seluler yang tidak dilindungi. Dengan demikian, Anda harus mengkomunikasikan pada karyawan Anda mengenai praktik keamanan jaringan yang diharapkan. Salah satunya adalah karyawan harus waspada mengenai penggunaan aplikasi berbagi file publik.

 

  1. Jangan membuka email yang tidak dikenal. Salah satu cara hacker membobol data perusahaan yakni dengan mengirimkan email untuk mengelabui pemilik email agar membuka email tersebut. Biasanya tautan email tersebut mengiming-imingi hadiah secara cuma-cuma dan sebagainya. Setelah pemilik email mengklik tautan tersebut, hacker dengan mudahnya dapat masuk ke sistem kita karena email tersebut sudah berisi kode program yang dapat membuka keamanan. Maka dari itu, perhatikan email yang masuk dan jangan sampai sembarang klik tautan dari email yang tidak dikenal.

 

  1. Menggunakan cloud computing. Cloud computing atau komputasi awan adalah sistem IT yang memanfaatkan jaringan internet dalam menyimpan berbagi data sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan cloud computing, keamanan data perusahaan Anda terjamin, serta Anda dapat menghemat biaya operasional perusahaan.

 

  1. Instal dan perbarui perangkat lunak keamanan perusahaan. Tidak ada salahnya berinvestasi dalam software, antivirus, dan cybersecurity. Dalam hal peretasan dan keamanan jaringan, solusi terbaik adalah mempercayai para profesional daripada mencoba menyelesaikan sendiri. Setelah perangkat lunak yang sudah diinstal, sangat penting untuk memperbaharuinya secara berkala.

 

            Lakukan antisipasi mulai sekarang juga dengan melakukan beberapa tips di atas. Semoga bisa bermanfaat, ya!

 

 

 

Referensi:

https://blog.eikontechnology.com/7-cara-melindungi-data-perusahaan/

https://kumparan.com/venture/5-cara-efektif-menjaga-keamanan-data-perusahaan-1rTJ0Yx3nMK/full

Hindari Kesalahan dalam Memilih Produk Asuransi

Asuransi Syariah

Tersedianya berbagai jenis asuransi membuat sebagian orang kesulitan dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Produk asuransi yang tersedia seperti asuransi unit link sampai produk asuransi berbasis syariah nyatanya sudah didesain sedemikian rupa untuk menyesuaikan manfaat perlindungan dengan kebutuhan calon nasabah atau pembeli polis. Untuk itu, ada baiknya Anda teliti sebelum membeli produk asuransi, apakah perlindungan yang didapatkan merupakan bentuk perlindungan yang dibutuhkan di masa mendatang atau bukan.


Ketelitian dan proses pencarian info yang mendalam akan membantu Anda menghindari kesalahan dalam membeli produk asuransi. Hal ini penting, karena kesalahan membeli produk asuransi di awal akan berpengaruh pada beragam aspek, seperti misalnya pembayaran premi yang justru semakin meningkat sampai pada manfaat dari produk asuransi yang tidak dapat dinikmati oleh diri sendiri maupun keluarga. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kesalahan dalam membeli produk asuransi, yuk disimak!


·         Pahami manfaat asuransi yang dipilih. Untuk menghindari kesalahan paling dasar, Anda harus benar-benar memahami manfaat dari produk asuransi yang hendak Anda beli. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca lebih teliti detail polis atau produk yang ditawarkan kepada Anda. Jangan bosan untuk mengecek brosur atau aplikasi untuk memeriksa dengan lebih menyeluruh. Pastikan sebelum membeli Anda mengetahui manfaat perlindungan yang diberikan, kondisi yang disyaratkan hingga detail seperti premi dan masa pertanggungan.


·         Konsultasikan kepada agen asuransi. Jangan segan untuk bertanya lebih lanjut dengan agen asuransi yang menghubungi Anda terkait dengan produk asuransi yang ditawarkan. Banyak calon pembeli produk asuransi enggan untuk mencari tau lebih lanjut soal produk asuransi yang diincar ke agen asuransi melainkan mencari tahu hanya dari internet dan portal berita. Padahal dengan adanya agen asuransi, Anda bisa lebih leluasa menyampaikan pertanyaan, bahkan bukan tidak mungkin dengan komunikasi yang baik Anda bisa jadi justru direkomendasikan untuk membeli produk asuransi yang jauh lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.


·         Mampu membedakan asuransi dengan investasi. Sebagian calon pembeli asuransi umumnya melihat asuransi sebagai penolong di saat diri membutuhkan perlindungan secara finasial, sedangkan sebagian yang lain melihat asuransi sebagai medium investasi jangka panjang. Meski keduanya benar, namun manfaat asuransi dan investasi serta cara kerjanya tentu berbeda. Untuk itu, Anda wajib memahami terlebih dahulu konsep dari asuransi dan investasi, jangan sampai Anda diiming-imingi asuransi berbasis investasi yang belum Anda pahami dan kemudian mengalami kesulitan untuk membayar premi yang bisa saja akan semakin mahal.


Itu dia beberapa hal yang dapat Anda cari tahu lebih dahulu untuk menghindari kesalahan dalam membeli produk asuransi. Teliti, banyak bertanya dan mampu menganalisa merupakan kunci agar manfaat dari asuransi yang nantinya Anda miliki dapat lebih bermanfaat dan maksimal melindungi Anda dan keluarga maupun aset kekayaan. Anda dapat meminta agen asuransi untuk membuat skema atau simulasi dari tiap-tiap produk asuransi agar lebih mudah dipahami dan pastinya memudahkan Anda dalam menyeleksi produk asuransi yang tepat untuk kebutuhan.