Senin, 22 Maret 2021

Menikah di Hotel saat Pandemi Diizinkan selama Mengikuti Hal-Hal Ini

Wedding di Hotel

Sejak era new normal, masyarakat dihadapkan pada aturan dan kebijakan baru untuk beraktivitas di masa pandemi. Tak terkecuali Anda yang akan merencanakan pernikahan dalam waktu terdekat. Untuk memudahkan prosesnya, sejumlah wedding hotel Bandung telah menyesuaikan fasilitas dan prosedur sesuai dengan aturan dari pihak-pihak berwenang.


Resepsi pernikahan sebenarnya masih bisa dilaksanakan di venue seperti perhotelan. Hanya saja, Anda harus menyiapkan hal-hal berikut untuk memastikan kelancaran acara.


      Kurangi jumlah tamu undangan

Hotel adalah tempat yang memadai untuk menggelar pesta berskala besar. Sayangnya, wabah Covid-19 yang belum kunjung mereda mengharuskan para calon pengantin membatasi jumlah tamu yang ingin mereka undang. Sebagian wedding organizer sudah menyarankan kliennya untuk mengurangi kuota hingga 50%. Kebijakan yang sama datang juga dari pengelola hotel. Anda bisa mengakalinya dengan mengundang kerabat keluarga dan teman-teman dekat saja.


      Pastikan tamu mengikuti protokol kesehatan

Mengenakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan (3M) adalah protokol kesehatan yang wajib Anda tekankan kepada tamu undangan. Staf hotel yang nantinya membantu keberlangsungan acara pun biasanya akan memakai perlengkapan seperti face shield hingga sarung tangan untuk menghindari kontak langsung. Social distancing juga perlu diberlakukan meski pembatasan tamu undangan sudah diterapkan.


      Menyediakan fasilitas kebersihan

Efektivitas protokol kesehatan akan semakin maksimal dengan ketersediaan fasilitas kebersihan. Pastikan pihak hotel menyiapkan perlengkapan seperti tisu, handuk kecil, hand sanitizer, dan tempat cuci tangan beserta sabun cair. Penyediaan thermo gun untuk memeriksa temperatur para tamu pun sangat penting, sehingga tak boleh dilewatkan. Anda juga sebaiknya berjaga-jaga apabila ada tamu yang belum memenuhi protokol dengan menyediakan stok masker sekali pakai.


      Menentukan penyajian makanan yang aman

Booth atau stand makanan dan minuman menjadi titik yang rawan akan kerumunan. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengakalinya. Kalau tidak mau menimbulkan kerumunan, berikan tamu kotak makanan yang bisa mereka bawa pulang. Namun, kalau Anda ingin tetap menjamu para undangan, diskusikan dengan staf hotel seputar penempatan prasmanan dan mengatur tamu supaya tidak menciptakan antrean panjang.


      Hilangkan salaman dengan pengantin

Bersalaman dengan pengantin sambil mengucapkan selamat adalah tradisi yang memang susah untuk dilepaskan dari pernikahan. Namun, Anda juga tidak bisa bersikap egois saat penularan virus corona begitu mudah terjadi melalui kontak fisik. Pembatasan juga sebaiknya dilakukan pada sesi foto bersama. Kesempatan tersebut sebaiknya diberikan kepada kerabat keluarga dan orang-orang terdekat lainnya untuk mencegah Anda serta pasangan berkerumun dalam waktu lama.


Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan bersama pasangan. Untuk mempercepat prosesnya, carilah hotel-hotel di Bandung yang sudah memberlakukan protokol kesehatan. Cek juga testimoni klien yang sudah menggelar pernikahan di masa pandemi di hotel tersebut. Semoga bermanfaat, ya!