Jumat, 09 Juli 2021

5 Tips Menjaga Data Perusahaan Supaya Aman

Hypernet


            Sebagai pelaku bisnis menjaga data perusahaan dengan aman tentunya menjadi salah satu hal terpenting saat mengelola perusahaan. Data-data penting ini bisa berupa informasi karyawan, informasi data klien, strategi bisnis dan sebagainya. Jangan disepelekan, Anda harus memperhatikan keamanan jaringan perusahaan Anda, karena bisa saja terjadi beberapa insiden pelanggaran data yang saat ini perlu diantisipasi. Untuk mengantisipasi kebocoran data perusahaan, Anda bisa memilih Hypernet yang dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk keamanan data dan infrastruktur IT, seperti layanan keamanan End Point dan layanan VPN perusahaan. Selain itu, Anda bisa menerapkan beberapa poin berikut untuk menjaga keamanan data:

 

  1. Mengatur password seunik mungkin. Orang-orang cenderung mengatur password yang mudah ditebak dan sederhana agar mudah mengingatnya. Namun, hal tersebut adalah hal kecil yang dapat berdampak besar. Para hacker dapat dengan mudah mengetahuinya dan membobol password yang sederhana. Oleh karena itu, tips password yang baik adalah 8 – 12 karakter dengan campuran karakter seperti ada huruf kapital (ABCDE), angka (12345), lalu karakter unik seperti simbol atau tanda baca (!@#$%).

 

  1. Edukasi karyawan mengenai pentingnya keamanan data. Tidak sedikit juga kasus kebocoran data karena karyawan internalnya sendiri yang ceroboh. Karyawan sekarang ini bisa mengakses data pekerjaan dari mana saja, tetapi kurangnya enkripsi pada perangkat yang digunakan karyawan atau sistem operasi yang lemah dapat menyebabkan kebocoran data. Malware juga dapat menemukan jalan ke jaringan perusahaan melalui perangkat seluler yang tidak dilindungi. Dengan demikian, Anda harus mengkomunikasikan pada karyawan Anda mengenai praktik keamanan jaringan yang diharapkan. Salah satunya adalah karyawan harus waspada mengenai penggunaan aplikasi berbagi file publik.

 

  1. Jangan membuka email yang tidak dikenal. Salah satu cara hacker membobol data perusahaan yakni dengan mengirimkan email untuk mengelabui pemilik email agar membuka email tersebut. Biasanya tautan email tersebut mengiming-imingi hadiah secara cuma-cuma dan sebagainya. Setelah pemilik email mengklik tautan tersebut, hacker dengan mudahnya dapat masuk ke sistem kita karena email tersebut sudah berisi kode program yang dapat membuka keamanan. Maka dari itu, perhatikan email yang masuk dan jangan sampai sembarang klik tautan dari email yang tidak dikenal.

 

  1. Menggunakan cloud computing. Cloud computing atau komputasi awan adalah sistem IT yang memanfaatkan jaringan internet dalam menyimpan berbagi data sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan cloud computing, keamanan data perusahaan Anda terjamin, serta Anda dapat menghemat biaya operasional perusahaan.

 

  1. Instal dan perbarui perangkat lunak keamanan perusahaan. Tidak ada salahnya berinvestasi dalam software, antivirus, dan cybersecurity. Dalam hal peretasan dan keamanan jaringan, solusi terbaik adalah mempercayai para profesional daripada mencoba menyelesaikan sendiri. Setelah perangkat lunak yang sudah diinstal, sangat penting untuk memperbaharuinya secara berkala.

 

            Lakukan antisipasi mulai sekarang juga dengan melakukan beberapa tips di atas. Semoga bisa bermanfaat, ya!

 

 

 

Referensi:

https://blog.eikontechnology.com/7-cara-melindungi-data-perusahaan/

https://kumparan.com/venture/5-cara-efektif-menjaga-keamanan-data-perusahaan-1rTJ0Yx3nMK/full

0 komentar:

Posting Komentar