Sabtu, 10 April 2021

Driver Online, Kelola Keuangan Agar Cicilan Kendaraan Lancar

Driver Online

Salah satu modal utama untuk menjadi driver online adalah memiliki kendaraan sendiri. Untuk Anda yang tertarik dengan profesi ini tetapi belum memiliki kendaraan, tidak perlu khawatir. Sebab, Anda bisa memanfaatkan layanan pembiayaan Dipo Star Finance Indonesia untuk membeli mobil.


Memang, profesi tersebut semakin diminati karena fleksibel dari segi waktu kerja. Bahkan untuk Anda yang bekerja kantoran sekalipun, tetap bisa menjalani profesi ini sebagai sampingan untuk tambahan penghasilan. Namun, untuk Anda yang memiliki tanggungan pinjaman untuk penyediaan kendaraan, tentunya harus lebih waspada dalam mengelola keuangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan agar proses pembayaran cicilan selalu lancar:


·         Tetapkan tujuan keuangan

Luruskan dulu tujuan Anda menjadi driver. Apakah profesi tersebut diambil sebagai profesi sampingan atau pekerjaan tetap? Pasalnya, kedua tujuan tadi mempunyai manajemen keuangan berbeda. Jika Anda menjadikannya sebagai profesi sampingan, tentukan selama apa Anda akan bekerja sebagai driver. Sementara untuk pekerjaan tetap, Anda harus pastikan penghasilannya mampu memenuhi kebutuhan dalam periode waktu tertentu. Pastikan pula perhitungan cicilan kendaraan sudah termasuk ke dalam perencanaan tujuan keuangan ini.


·         Jangan pakai mindset uang harian

Penghasilan sebagai driver memang bisa diperoleh setiap hari, tetapi jangan pakai mindset uang harian untuk mencapai target. Hal ini disebabkan secara psikologis uang harian cenderung selalu dihabiskan pada waktu yang sama, sehingga Anda tak punya pegangan untuk jangka panjang. Cara berpikir ini jelas membahayakan kalau Anda punya cicilan yang harus dibayar dan kebutuhan lain yang tak kalah penting.


·         Buat pos mingguan dan bulanan

Untuk menghapus mindset uang harian, Anda dapat mengatasinya dengan pos pengeluaran mingguan dan bulanan. Pos pengeluaran mingguan umumnya digunakan untuk kebutuhan yang berkaitan dengan pekerjaan, misalnya kuota data internet untuk komunikasi dan bahan bakar. Sementara pos pengeluaran bulanan sama seperti pekerjaan lain, yakni meninjau kebutuhan sehari-hari, termasuk utang atau kredit, dan biaya yang diperlukan.


·         Sediakan asuransi dan dana darurat

Sebagian besar perusahaan jasa transportasi berbasis aplikasi sebenarnya sudah menawarkan asuransi untuk menjamin keselamatan driver. Namun, Anda bisa mengambil asuransi penunjang sebagai proteksi tambahan. Sediakan juga dana atau tabungan darurat yang bisa Anda cairkan tanpa harus mengajukan klaim. Langkah tersebut akan mencegah Anda mengambil pinjaman baru yang menambah anggaran untuk membayar cicilan.


·         Mempertimbangkan investasi

Produk investasi yang Anda ambil tak harus mewah. Sekarang, sudah ada produk investasi yang dapat dibeli dari Rp10.000 sampai Rp100.000. Mempunyai investasi akan menjaga Anda dari segi finansial jangka panjang, khususnya saat nanti Anda tak lagi bekerja sebagai driver transportasi. Dalam hal ini, Anda juga harus memastikan bisa memenuhi syarat, cara kerja, hingga risiko yang nanti dihadapi saat berinvestasi dengan produk tersebut.


Demikian langkah-langkah mengatur keuangan sebagai driver transportasi aplikasi online. Jangan lupa menjaga kondisi mobil yang Anda pakai dengan melakukan pemeliharaan berkala. Jadi, Anda tak akan mengeluarkan biaya besar untuk memperbaiki kerusakan.

0 komentar:

Posting Komentar